Tak bisa dipungkiri jika dari sekian banyak warna yang dikeluarkan perusahaan mobil, warna putih adalah warna yang paling banyak dicari. Entah itu mobil Honda untuk mobilitas sehari-hari atau mobil untuk keperluan seperti piknik keluarga dan acara sosial blusukan ke pedalaman.

Mobil Honda putih sangat mencolok sehingga mudah ditemukan di manapun Anda berada. Sepulang dari berkegiatan, seringkali mobil putih sudah tidak seputih semula. Cuaca dan medan yang ekstrem membuat mobil Honda putih Anda menjadi tak seperti mobil Anda. Anda ingin mengembalikan warnanya seperti sedia kala. Namun, rasa gamang menggelayuti hati dan pikiran. Anda punya mobil Honda warna putih? Begini cara merawatnya.

merawat mobil Honda putihTahu Resiko Saat Membeli

Kalimat yang sering kita dengar saat ada seseorang yang hendak membeli mobil warna putih adalah… yakin mau beli yang putih? Nanti susah jualnya lagi lho, harganya bisa jatuh! Begitu juga saat membeli laptop yang harganya tinggi dan barang elektronik lainnya.

Bagi mereka yang sudah mengincar mobil warna putih biasanya akan lanjut membeli tanpa mempertimbangkan omongan orang di sekitarnya. Lha wong mobil putih tuh elegan, berkelas, dinamis, dan kesan selalu berjiwa muda menempel pada sang pengendaranya. Ada pula yang membeli mobil warna putih sebagai hadiah untuk orang terkasih.

Untuk istri, anak gadis yang sudah memiliki KTP, keponakan cantik, hingga calon pacar. Seperti Honda HRV white orchid pearl two tone (1.8L Prestige) atau Honda Civic platinum white pearl yang Anda lirik di showroom. Cantik begitu, siapa yang tak terpikat untuk membeli. Maka, Anda sudah harus tahu resiko jika mobil putih pasti akan terlihat lebih kotor dibandingkan mobil warna gelap setelah seharian beraktivitas. Tak perlu kaget, karena ada cara untuk merawatnya.

Mencuci Mobil Putih di Tempat Teduh

Mobil warna putih sebetulnya mobil yang diberkati karena secara teknis warna putih itu bisa menangkal hawa panas di dalam kendaraan saat matahari sedang teriknya. Warna putih mobil bisa memantulkan cahaya matahari yang terik itu. Sayangnya, polusi udara dan durasi panjang mobil di jalan membuat mobil tampak sangat kotor. Dan Anda tak selalu bisa pergi ke car wash atau doorsmeer untuk mencuci mobil putih kesayangan Anda. Entah karena malas menunggu antrian yang lama atau terlalu jauh letak car wash-nya. Anda pun jadi harus mencuci mobil sendiri sambil seru-seruan bersama anak-anak.

Punya mobil Honda warna putih? Begini cara merawatnya: jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari. Banyak yang berasumsi jika mencuci di bawah terik matahari langsung bisa membuat mobil cepat kering sehingga pengerjaannya lebih cepat. Padahal ini tindakan yang justru memperparah warna mobil. Anda bisa membayangkan bagaimana jika busa sabun yang belum terbilas sepenuhnya itu mengering lebih cepat?

Kerak busa akan menempel pada cat mobil dan membuat warna cat tampak kusam. Anda juga tidak akan bisa begitu saja menghilangkan keraknya. Lakukan pencucian mobil di tempat tuduh seperti di bawah atap/sunroof yang tertutup atau di bawah pohon tanpa buah atau kucing yang bertengger di atasnya.

Pembilasan Buruk Berakibat Fatal

Mencuci mobil juga ada teknik tersendiri agar pencucian tidak memperparah kondisi cat permukaan mobil. Ketika Anda mengajak anak-anak untuk mencuci mobil, adakalanya main air dan sembarangan semprot jadi bagian yang paling seru. Tapi, tahukan Anda jika mobil disemprot dari sembarang arah ternyata bisa merusak cat mobil?

Apalagi jika volume busa sabunnya banyak di permukaan cat. Busa yang tak terbilas merata akan menyebabkan bercak-bercak pada permukaan mobil. Lakukan pembilasan terakhir dari satu arah saja. Ajak anak-anak memahami teknik ini.

Jangan Terlalu Sering Menutupi Mobil dengan Cover

Saking ingin melindungi mobil warna putih dari sengatan matahari, biasanya orang menutupi mobil dengan cover mobil jika tidak sedang digunakan. Jika mobil itu berada di bawah atap tertutup, itu lebih baik. Karena saat hujan, cover mobil masih terlindungi dari tetesan air dan kelembaban tinggi. Namun, yang perlu dicemaskan adalah ketika Anda memarkir mobil di tempat terbuka dimana tidak ada naungan. Dan Anda sangat mengandalkan cover mobil itu untuk melindungi mobil putih kesayangan. It’s a big no no! Cover mobil memang bisa melindungi mobil, tapi sifatnya hanya sementara.

Cover mobil yang sering terkena hujan dan panas berlebihan bisa menempel pada bodi mobil. Akibatnya, cat mobil akan mendapatkan noda bekas cover mobil yang lengket itu. Mobil putih Anda pun akan tampak kusam dari waktu ke waktu.

Selalu Bersih-bersih Setiap Saat

Kita tak pernah tahu kapan debu dan kotoran menempel pada mobil putih. Untuk itu, sangat bijaksana jika Anda sering membersihkan permukaan mobil dengan kanebo atau kemoceng sesaat setelah turun dari mobil. Punya mobil Honda warna putih? Begini cara merawatnya : ambil kanebo kering, lalu basahi sedikit saja. Mulai lap permukaan mobil dari depan ke belakang atau sebaliknya.

Jangan lupakan bagian dalam mobil juga ya biar seimbang. Kan gak lucu kalau ada penumpang yang bilang…mobil kamu kinclong yah, sis, tapi dalamnya kayak kandang ayam… Sebelum terjadi konflik batin antar sahabat, yuk mari rajin bersih-bersih setiap saat luar dan dalam mobil.

Sampo untuk Mobil

Kandungan yang ada dalam sampo atau sabun mobil dibuat untuk merawat permukaan cat mobil. Jadi, sebaiknya Anda mencuci mobil menggunakan produk khusus ini. Bukan sampo rambut, sabun cuci baju, apalagi sampo kucing. Dan jangan lupa untuk membilas busa sampo satu arah agar air yang mengalir itu menuntaskan tugasnya dengan sempurnya demi kinclongnya warna cat putih mobil Honda Anda.

Pelapis Nano Ceramic

Jika ada dana lebih, ada baiknya Anda merawat cat putih mobil Anda dengan melakukan pelapisan cat mobil menggunakan Nano Ceramic. Efek kilau mobil putih Anda akan terus ada selama pelapis Nano Ceramic ini menempel di permukaan mobil.

Setidaknya dua tahun adalah waktu terlama pelapis ini stay dicat mobil Anda. Beri jangka waktu agak lama untuk melakukan pelapisan ini agar permukaan mobil Anda dapat bernapas. Terlalu banyak pelapis juga bisa berdampak buruk pada eksterior mobil.

BACA JUGA:  Seberapa Penting sih Asuransi Untuk Mobil Honda yang Kita Miliki?

Parkir di Tempat Terlindungi

Punya mobil Honda warna putih? Begini cara merawatnya : jangan parkir mobil terlalu lama di tempat terbuka. Bukan hanya sengatan sinar matahari yang dapat membuat cat mobil menjadi kusam, tetapi juga tetesan air hujan, kotoran burung, dan runtuhan buah-buahan dan dedaunan dari pohon di atas mobil Anda. Belum lagi jika ada duri dari buah. Cat mobil Anda bisa saja tergores.

Semoga semua tips merawat mobil putih Honda ini bermanfaat dan Anda bisa terus memiliki mobil putih idaman yang kinclong selalu.